Google

Pembajakan lagu oleh D'masiv ?

Selasa, 31 Maret 2009


Apakah anda suka band d'masiv? mungkin kebanyakan dari anda menyukai d'masiv, termasuk saya. Tapi tahu gak berita yang amat hot dari d'masiv? beritanya adalah d'masiv membajak lagu band-band luar negeri.Memang saya tidak percaya hal tersebut. Tapi menurut pakar-pakar musik lagunya memang mirip.Ryan d'masiv pernah bilang bahwa bandnya anti pembajakan. Tapi kebanyakan orang mendukung pakar musik tersebut. Saya semakin penasaran. lalu saya mencoba mencari lagu yang katanya dibajak oleh d'masiv. Berikut lagu yang katanya dibajak oleh d'masiv :

Tak Pernah Rela = Is it Any Wonder - Keane
Judul lagunya memang gak mirip, tapi setelah didengar-dengar, gitar pada intro lagu memang mirip dengan lagu Keane yang judulnya Is it any wonder. Tapi secara keseluruhan, nggak mirip-mirip banget dan bisa dibilang masih batas kewajaran.

Lukaku vs Drive - Incubus
Wow… Irama gitar akustiknya memang mirip.Saya langsung terkejut.Saya Coba nyanyi lagu lukaku diiringi gitar intro Drive, dan nyambung.Tetapi, saat masuk ke dalam lirik, nadanya nggak ada persamaan.Tetapi ada satu hal lagi yang membuat saya penasaran, bunyi scratching turntable punya DJ yang ada di lagu D’masiv ini juga ada di lagu Drive punya incubus!

Cinta sampai di sini = Into The Sun - Lifehouse
Sebenarnya nggak terlalu tau dengan lifehouse(pertamanya aku kira malah full house…), jadi bela-belain nyari lagunya di youtube. Pas didengarin, well tidak terlalu mirip kok. Memang intronya memiliki irama gitar yang sama pada beberapa bagian dengan Cinta sampai di sini, tapi tidak kelihatan seperti ngejiplak. Cinta sampai di sini bisa dibilang masih lagu yang “bersih”.

Sebelah Mata = The Take Over, The Break’s Over - Fall Out Boy
Di atas memang tidak disebutkan lagu Fall Out Boy yang mana yang diduga dijiplak sama D’Masiv, tapi sumber di internet menyebutkan, kalo lagu yang dimaksud adalah The Take Over, The Break’s Over. Ok, kali ini aku berpendapat nggak ada satu pun nada yang terdengar di telinga yang terdengar sama dengan lagu D’masiv. Setidaknya itu di telingaku. Atau mungkin bukan lagu yang ini? Ada yang mau membantu?

Cinta ini Membunuhku = I don’t love You - MCR
My Chemical Romance’s I don’t love you sama dengan cinta ini membunuhku? Ya, intronya memang rada mirip. Gebukan drumnya juga sama. Tapi, nada verse dan reffnya jauh berbeda. Sungguh terlalu kalau dikatakan menjiplak.

Dilema = Soldier’s Poem - Muse
Nggak usah dibahas. Pertama kali dengar lagu dilema (diputar di Winamp di komputer), yang terlintas di benak saat itu, “Perasaan nggak ada masang lagu muse deh di playlist…” Intronya sama persis. Mood drumnya, dan gitarnya juga. Kalo kamu penggemar Muse, pasti pikirannya sama kaya aku.

Dan Kamu = High Over Heels - Switchfoot
Wah ini mah mank mirip. Kebetulan ada videonya, coba aja diputar dan dengarkan dengan seksama.

Diam Tanpa Kata = Awakening-Switchfoot
Oiya, ada juga yang bilang lagu D’masiv berjudul Diam tanpa kata intronya mirip dengan Awakening - Switchfoot. Memang mirip sih, tapi cuma intro dan nada pas suku kata pertama saat lirik masuk.

Well, overall memang lagu-lagunya hanya mirip di intro saat lirik belum masuk ke dalam lagu, (walaupun ada yang parah kaya Dilema & Dan Kamu) tapi nggak bisa dipungkiri D’masiv mank termasuk band yang sukses untuk debut album pertama.Jadi kita tidak boleh asal nuduh d'masiv.Namun bila d'masiv memang benar manjiplak lagu band luar negeri, Ryan dan kawan-kawan bisa kena pidana tuh! Dan, semoga aja album kedua mereka lebih bagus dan gak ada kontroversi seperti album yang ini, soalnya jujur aja, aku juga termasuk suka dengan lagu-lagu yang dibawakan D’masiv. Lagian, di antara kalian juga termasuk lagu “bersih” yang hits sekarang ini.



6 komentar:

Anonim mengatakan...

q gAk PeDuli apApUn kAta OraNg YaNg PenTing RYAN teTep kEreNnNnnn aBizzz....

pendi mengatakan...

kalo d'masiv bisa bebas bajak lagu luar negri
band lain juga seharusnya bisa dong
kalo gitu caranya, band lain juga bisa bikin lagu hits, bahkan mungkin lebih hits dari d'masiv

gw sih liat kerennya ryan dari vocalnya
kalo dari fisik, kerenan gw
ryan ceking gitu
hehehehe

Anonim mengatakan...

Aq jga gx mikirin apa kta orang????

yg pentng bgi q D'MASIV Adlah band idola q,,,,?
walaupun bnyk orng yg menghina band D'masiv,,, bagi q itu adlah perkataan yg tk perlu di dengar

maida mengatakan...

hallo,k'rian q maida dr bjm,q ngepens sma k'rian, apa lg wkt k'rian nyanyi,k kpn2 k'rian ke bjm YA........... DAH DL..K' RIAN MOGA mkn sukses nyanyinya....

Anonim mengatakan...

HAI KAKA2X D.MASIV AKU MASIVERSS TANGGERANG KAK YANG TABAH YH AKU S'LALU ADA DI DEPAN KAKA2X D,MASIV TUK S'LLU DUKUNG D'MASIV GO...D,MASIV GO...

Anonim mengatakan...

ky'x g' bget dch.......
jGn didGrin.........mGkn pd iri j.......
yG pntG comunity venuZ nGe-phanssssssss
bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttt.
loovee d'masiv
teutama k'rian dnk.....
tp yang laeen jg ceru......
laen kali ke surabaya lagi n kemadura donk

Posting Komentar

 
 
 

Pengikut

Perkiraan cuaca